Broadcast Domain
Broadcast Domain secara umum dapat didefinisikan sebagai
semua device atau perangkat yang dapat mengetahui sinyal yang berasal dari
perangkat network tertentu yang berada dalam satu segmen.
Broadcast domain adalah sebuah divisi logis dari sebuah
jaringan komputer, di mana semua node dapat mencapai atau terhubung satu sama
lain dengan broadcast pada lapisan data link.domain broadcast dapat berada
dalam segmen LAN yang sama atau dapat dijembatani untuk segmen LAN lain.
Dalam hal teknologi populer saat ini: Setiap komputer yang
terhubung ke repeater Ethernet yang sama atau switch adalah anggota dari
broadcast domain yang sama.Selanjutnya, setiap komputer yang terhubung ke set
yang sama dari switch / repeater saling terkoneksi adalah anggota dari
broadcast domain yang sama. Router dan Higher-layer lainnya merupakan
perangkat bentuk batas-batas antara domain broadcast.
Beberapa hal yang menjadi karakteristik broadcast domain :
· Dipisahkan
oleh perangkat yang bekerja pada layer 3 (network), seperti : router dan switch
layer 3.
· Digunakan
untuk pengaturan lalu lintas data dan meniadakan broadcast
§ Menggunakan logical address (IP address)
§ Menggunakan table khusus untuk penentuan rute
tujuan
Collision domain
Collision Domain adalah segmen jaringan fisik (physical) di
mana paket data dapat bertabrakan dengan satu sama lain ketika dikirim pada
medium bersama, khususnya, bila menggunakan protokol jaringan
Ethernet. Sebuah tabrakan jaringan terjadi ketika lebih dari satu untuk
mengirim paket pada segmen jaringan pada waktu yang sama. Tabrakan
diselesaikan menggunakan carrier sense multiple access atau variannya
di mana paket yang bersaing akan dibuang dan kembali mengirim satu per
satu. Hal ini menjadi sumber inefisiensi dalam jaringan
Situasi ini biasanya ditemukan dalam lingkungan hub dimana
setiap segmen host terhubung ke sebuah hub yang merepresentasikan hanya satu
collision domain dan hanya satu broadcast domain. Collision domain juga
ditemukan dalam jaringan nirkabel seperti Wi-Fi. Hanya satu perangkat di
collision domain dapat mengirimkan pada satu waktu, dan perangkat lain dalam
domain yang mendengarkan jaringan untuk menghindari tabrakan data. Karena
hanya satu perangkat dapat transmisi pada satu waktu, bandwidth jaringan total
dibagi di antara semua perangkat. Collision juga menurunkan efisiensi
jaringan pada collision domain, jika dua perangkat transmisi secara bersamaan,
tabrakan terjadi, dan kedua perangkat harus mengirim ulang di lain waktu. Untuk
meringankan jaringan collision domain, disarankan untuk menggunakan switch yang
meningkatkan jumlah collision domain, tapi menurun ukuran setiap domain
collision's. Hal ini karena setiap port pada switch adalah collision
domain sendiri.
· Dipisahkan
oleh perangkat yang bekerja pada layer 2 (data link), seperit : bridge dan
switch layer 2.
· Digunakan
untuk mengatur lalu lintas data (traffic flow).
§ Menggunakan MAC address untuk identifikasi
perangkat.
§ Mengurangi jumlah perangkat pada sebuah segmen
dengan cara memperbanyak jumlah segmen.
Perbedaan Broadcast domain dan Collision Domain
Perbedaan antara broadcast domain dan collision muncul
karena Ethernet sederhana dan sistem yang serupa menggunakan sistem transmisi
bersama. Dalam Ethernet sederhana (tanpa saklar atau jembatan), frame data
yang ditransmisikan ke semua node lain pada jaringan. Setiap cek node
menerima alamat tujuan setiap frame, dan hanya mengabaikan setiap frame tidak
dialamatkan ke alamat MAC sendiri, atau ke alamat broadcast. Jika dua node
mengirim pada saat yang sama, hasil tabrakan. Repeater menyebarkan semua
frame antara segmen jaringan, dan tidak mencegah tabrakan, dan dengan demikian
juga menyebarkan tabrakan antar segmen.
Tabel dibawah merupakan perbedaan interface yang menggunakan
collision domain dan broadcast domain.
Perangkat
|
Memecah collision Domain
|
Memecah broadcast domain
|
Mem-filter
|
Repeater
|
Tidak
|
Tidak
|
Tidak
|
Hub
|
Tidak
|
Tidak
|
Tidak
|
Bridge
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Switch
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Switch dengan VLAN
|
Ya
|
Ya
|
Ya
|
Router
|
Ya
|
Ya
|
Ya
|
Broadcast domain dan collision domain harus dibagi – bagi
atau diperkecil agar tujuannya untuk meningkatkan performa network dan untuk
mencapai tujuan tersebut,biasanya digunakan perangkat network khusus seperti
router dan switch layer 3
Pada network Ethernet, frame yang berasal dari computer
source akan selalu diterima oleh semua computer yang menjadi bagian dari
networknya tersebut. Hal ini merupakan kondisi yang kurang baik, karena semua
computer akan menerima data walapun tidak memerlukannya.
Perangkat seperti switch atau bridge dapat mempelajari
alamat hardware setiap computer dan hanya akan meneruskan frame ke computer
tujuan, perangkat tersebut mampu membagi network menjadi segmen – segmen yang
lebih kecil. Dalam hal tersebut computer seolah – olah telah diberi suatu jalur
khusus untuk mencapai computer tujuan, sehingga bandwitch atau kecepatan
dtransfer data secara penuh dapat tercapai.
II. Tujuan
Siswa dapat membedakan antara Broadcast dan Collision Domain
Siswa memehami tentang Broadcast Domain dan COllision Domain
III. Alat dan Bahan
Topologi untuk di analisa
IV. Langkah Kerja
Cari sebuah Topologi.
Setelah itu analisa dan Teliti terdapat berapa Broadcast
Domain dan berapa Collision Domain pada topologi tersebut.
V. Hasil Kerja
Dari analisa yang kami lakukan pada topologi tersebut
terdapat :
Broadcast Doomain : 1
Collision Domain : 5
Broadcast Domain hanya 1 karena jalur pengiriman data hanya
pada jalur-jalur tersebut tidak digunakan perangkat ain untuk menggabungkan
beberapa jaringan. hanya terdiri dari 1 jaringan.
Collision Domain ada 5 karena peraatan yang digunakan untu
membuat jaringan adalah hub yang mana hub itu mau ada beberapa komputer di
dalamnya tetap saja dihitung 1 Collision Domain karena tidak ada jalur lain.
Disini Hub ada 3 dan media penghubungnya (kabel ada 2) sehingga ada 5.
VI.Kesimpulan
Jadi untuk Broadcast Domain selama tidak menggunakan
perangkat penghubung 2 jaringan seperti Router masih dihitung 1. LAlu untuk
Colision Domai jika menggunakan SWwitch jumlah banyaknya Collision Doamin
sesuai banyaknya port yang terpakai, sedangkan Hub mau ada beberapa komputer
yang terhubung didalamnya tetapsaja dihitung 1.
0 komentar:
Posting Komentar