Rabu, 24 Juli 2013

TUGAS MERANCANG BANGUN WAN

1.      Sebutkan penyebab congestion  pada lalu lintas jaringan!
2.      Jelaskan pengertian broadcast domain dan cara mengatasinya!
3.      Apakah tugas utama dari switch?
4.      Apakah perbedaan antara jaringan wan dengan internet?
5.      Mengapa pada saat pertama kali dijalankan router tidak dapat berkomunikasi dengan perangkat jaringan?


JAWABAN
1.      Penyebabnya yaitu:
a.       Congestion terjadi ketika paket-paket yang dipancarkan lewat jaringan mendekati paket yang menangani kapasitas jaringan.
Terjadi ketika sejumlah paket yang ditransmisikan buntu.
Congestion control mengarahkan/memelihara paket di bawah level di mana bekerja secara dramatis
b.      Terlalu banyak host (host artinya peralatan-peralatan yang terhubung ke jaringan yang bisa mengirimkan dan menerima informasi bisa berupa komputer, workstation, server, printer dan lain-lain) di dalam sebuah broadcast domain
c.       Broadcast storm (badai broardcast)
d.      Multicasting
e.       Bandwith yang kecil

2.    Broadcast Domain secara umum dapat didefinisikan sebagai semua device atau perangkat yang dapat mengetahui sinyal yang berasal dari perangkat network tertentu yang berada dalam satu segmen.Broadcast domain adalah sebuah divisi logis dari sebuah jaringan komputer, di mana     semua node dapat mencapai atau terhubung satu sama lain dengan broadcast pada lapisan data link.domain broadcast dapat berada dalam segmen LAN yang sama atau dapat dijembatani untuk segmen LAN lain.
Cara penanganan yaituMemisahkan broadcast domain sangatlah penting karena setiap kali host atau server mengirimkan network broadcast (paket data yang dikirim untuk seluruh host dalam jaringan), setiap peralatan dalam network harus membaca dan memproses data dari broadcast tersebut; ini terjadi kecuali anda memiliki sebuah router. Ketika interface router menerima paket broadcast, ia akan mengatakan “Tidak, terima kasih” dan mengabaikan paket broadcast tersebut tanpa meneruskan ke network yang lain. Walaupun secara default router dikenal juga sebagai alat untuk memisahkan broadcast domain, sebenarnya router juga memisahkan collision domain (collision adalah kondisi dimana telah terjadi tabrakan antar data karena berada pada waktu dan tempat yang sama seperti pada sebuah kabel jaringan).
3.      Tugas utama dari switch adalah membuat LAN bekerja dengan lebih baik dengan mengoptimalkan untuk kerja (performance), menyediakan lebih banyak bandwitch untuk pengguna LAN. Tidak seperti router, switch tidak meneruskan paket ke jaringan lain. Switch hanya menghubung-hubungkan frame dari satu port ke port lainnya di jaringan di mana dia berada. Secara default, switch memisahkan collision domain
4.      Wan ( Wide Area Network).
Merupakan jaringan computer yang mencakup area yang besar . Contohnya yaitu jaringan computer antar wilayah , kota atau bahkan Negara. Dapat di artikan pula jaringan computer yang membutuhkan router. WAN terdiri dari kumpulan mesin – mesin yang bertujuan untuk menjalankan program program aplikasi pemakai. Jaringan WAN biasanya menggunakan kabel fiber optic serta menanamkannya dibawah tanah maupun melewati jalur batas bawah laut. Kecepatan transfernya hingga 64kbps .
Keuntungan WAN antara lain
· Cakupan yang lebih luas dari LAN dan MAN
· Pertukaran informasi jadi lebih terarah.
Kerugian WAN antara lain
· Biaya operasional yang mahal.
· Susah dalam instalasi.
· Sangat rumit jika terjadi problem.

B. Internet (Interconnected-networking)
Jaringan komputer yang mendunia. Perpaduan berbagai jenis komputer dan topologi serta jaringan yang saling terhubung satu sama lain atau kumpulan jaringan yang terkoneksi. Internet digunakan sebagai sarana pertukaran informasi tanpa dibatasi oleh jarak fisik.

Keuntungan Internet
· Mempermudah dalam pertukaran informasi .
· Efisiensi waktu.
Kerugian Internet
· Adanya Ancaman virus.
· Penyebaran situs – situs yang tidak sesuai dengan moral.
· Kejahatan dunia maya.
Karena settingan router tersebut default


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host