Selasa, 08 November 2011

Dual booting adalah istilah yang digunakan untuk menyebut komputer/laptop yang memiliki dua sistem operasi yang sama-sama aktif, seperti dual booting Windows 7 -  Linux Mint, Windows 7 – Windows XP, Windows 7 – Ubuntu dsb.  Pada saat booting (masuk) pengguna akan diminta memilih sistem operasi apa yang akan ia gunakan ketika memakai komputer tersebut.

Tulisan berikut berikut adalah mukadimah tutorial instalasi Linux Mint di komputer yang sudah memiliki Windows 7 di dalamnya. Saya bukan Linux Expert atau Computer Expert, tulisan dan tutorial yang ditulis di sini hanya berdasarkan pengalaman dan sedikit pengetahuan hasil googling. :)

Dari segi partisi, metode instalasi Linux Mint (dual booting) bisa diklasifikasikan dalam 4 kategori:


  •     Full installation (fresh installation) atau menginstal linux secara integral, sepenuhnya dan paripurna. Cara ini adalah cara yang paling saya rekomendasikan karena cara ini biasanya minim masalah. Dengan cara ini pula semua fitur dan layanan Linux bisa dinikmati secara optimal. Full installation mengharuskan Anda menyediakan partisi khusus (drive khusus) untuk “tempat kerja” linux di komputer Anda.


  •     Instal linux seperti software. Metode instalasi ini menggunakan “jembatan penghubung” yang dinamakan mint4win (baca: mint for win). Mint4win akan “menyulap” Linux Anda menjadi persis seperti software namun memiliki kemampuan OS (Operating System). Dikatakan seperti software karena Linux pada metode ini akan terbaca seperti program-proglam lainnya di Windows, dan tentu saja bisa di-uninstall atau di-remove melalui control panel Windows. Kelemahan metode ini terletak pada ketidakoptimalan instalasi linux. Maksudnya, karena masih bersifat software, seringkali banyak keluhan muncul, seperti drive/partisi Windows yang tidak terbaca dsb.


  •     Install side by side with Windows. Artinya, Linux Mint diinstal berdampingan dengan Windows di drive C. Saya belum pernah mencoba metode ini karena khawatir bila terjadi apa-apa, Windows saya bisa hilang. Saya tidak merekomendasikan metode ketiga ini.

  •    Instal di mesin virtual. Mesin virtual (virtual machine; komputer virtual) adalah sistem operasi yang diinstal dalam program semisal Virtual Box, VMWare atau Parralels dsb. Virtual Box dsb ini adalah software yang berfungsi sebagai komputer dalam komputer Anda. Jadi, saat Anda menjalankan Windows 7 misalnya, dengan Virtual Box dll Anda juga bisa membuka OS lain, full screen, dan dengan kemampuan nyaris sempurna seperti bila diinstal di komputer asli. Bila ingin coba-coba, cara ini mungkin salah satu yang paling aman.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host